john.jpg

Gitar Pertama John Lennon

Content publisher : Gusti Mahardika, last update : 2017-09-03 18:58:05

Share This :

John Lennon memiliki gitar sendiri pada umur 17 tahun. Ia memesan gitar akustik Gallotone Champion dari sebuah iklan di majalah Reveille. Harga saat itu £10. Bibi Mimi melarang John membeli gitar sehingga pengiriman pos ditujukan ke rumah ibunya, Julia Lennon. Dengan memainkan banjo (berdawai lima), Julia menunjukkan beberapa lagu, yang oleh John kemudian ditelusuri akordnya dengan gitar berdawai enam. Dengan gitar inilah John bareng rekannya Pete Shotton membentuk band pertamanya The Black Jack.  Gallotone Champion sendiri adalah gitar yang diproduksi di Afrika Selatan oleh perusahaan rekaman terbesar di negara tersebut, Gallo Africa, pada kurun waktu tahun 50-60an. Gitar ini dibuat dengan harga terjangkau karena ditujukan untuk para pemula dan diekspor ke berbagai negara.  John masih menggunakan gitar ini ketika beberapa pemain keluar masuk melengkapi kelompoknya hingga ia memantapkan eksistensi mereka dengan nama baru: The Quarrymen. Gitar ini masih dipegang John, saat mereka main di St Peter’s Parish Fete di Woolton-Liverpool, 6 Juli 1957. Tanggal ini ditandai dengan mulai masuknya Paul McCartney ke kehidupan Lennon.  Suatu ketika gitar ini kembali menjadi bahan liputan. Gallotone Champion-nya John Lennon dibicarakan di info lelang Sotheby.

Untuk membuktikan apa benar ini gitar Lennon, balai lelang menghubungi Rod Davis, mantan personal Quarrymen. Davis menceritakan, kulit jari telunjuk John pernah terkelupas saat memainkan gitar ini di sebuah pementasan. Suatu ketika, saat ia mengganti snar, Davis melihat noda darah di bagian dalam badan gitar. Berdasarkan penuturan tersebut, Southeby memeriksa bagian yang dimaksud. Meski kondisinya sudah memudar namun mereka bisa pastikan noda darah itu memang ada.  Ketika Beatles mulai menapaki tangga sukses, John meninggalkan gitar ini di rumah bibi Mimi. Alkisah, setelah John meninggal, Mimi menghadiahkan gitar ini ke salah satu kerabat yang putranya menyandang cacat fisik. Ketika sang putra wafat, sesuai wasiatnya, gitar ini dihadiahkan ke teman perempuannya yang juga penyandang cacat. Namun karena kesulitan uang, ayah tiri sang gadis akhirnya terpaksa menjual gitar ini.  

Dalam katalog lelang Sotheby disebutkan sebagian dari hasil lelang didonasikan untuk Olive Mount Learning Disabilities Directorate, Liverpool. Yang menarik, yang dilelang juga terma-suk kutipan surat pengantar yang menyertai donasi Mimi Smith. Di surat itu, Mimi mengaku telah beberapa kali menolak permintaan sumbangan bagi para penyandang cacat yang ingin berkarir sebagai musisi. Namun kali ini ia membuat pengecualian. Dan ia berharap benda milik John ini bisa mendatangkan keceriaan.  Gitar tua yang dilelang bersama kotak tempat gitar itu disimpan selama bertahun-tahun, diperagakan dengan plakat kuningan dengan tulisan untuk mengenang kembali pesan Mimi pada John waktu muda, “Ingat, kamu tak akan bisa hidup dengan benda ini”.  Di pelelangan Sotheby tahun 1999 tersebut, gitar ini akhirnya jatuh ke tangan kolektor bernama Adam Sender, setelah penawarannya menembus angka £155,500 setara dengan $251,700) setara dengan Rp 2,4 miliar.

Article source www.dhenok.net

Photo by www.rollingstone.com


Share This :

Kami siap untuk membantu Anda

Perluas jangkauan penjualan tiket event Anda tanpa terbatas waktu dan tempat.

Pelajari selengkapnya

We accept payment from

Payment method


Loketics.Com!

Komplek Colombo No. 56 Catur Tunggal Depok Sleman
Yogyakarta Indonesia
55281
Customer Service : +62 822 2739 4141
Marketing : +62 812 383 1301
info@loketics.com

Sell your ticket with us

Fill this form for partnership event.


Logo

Loketics.Com! © 2013 - 2017

Facebook Twitter Youtube Instagram


© 2017 Loketics.Com!