HUT_RI_72_LOGO_(semangat_Bhinneka_tunggal_ika).jpg

Upacara HUT RI Ke-72: Pakaian Adat Indonesia Hingga Bertemunya SBY & Megawati

Content publisher : Gusti Mahardika, last update : 2017-08-17 18:35:58

Share This :

Selamat merayakan hari kemerdakaan Republik Indonesia! Merdeka! 72 tahun sudah sejak 17 Agustus 1945, negara ini bebas dari cengkraman para penjajah dan kemudian mengumandangkan kemerdekaanya di seluruh dunia. Berpuluh-puluh kali juga hari kemerdekaan tanah air ini dirayakan, namun ada sedikit perbedaan di tahun 2017 ini. Jika pada kesempatan sebelumnya kepala negara dan jajaran menteri mengenakan pakaian resmi seperti jas, hal yang berbeda justru terlihat pada perayaan ke 72 tahun in. Ir. H. Joko Widodo selaku sang inspektur HUTRI 72 dan para 'pembatu'nya terlihat mengenakan pakaian adat khas dari berbagai daerah di Indonesia. Salah satu alasan dari sang pemimpin negara ini adalah untuk menunjukkan bahwa Indonesia kaya akan berbagai budaya. 

Jokowi, begitu akrab disapanya, mengenakan pakaian adat khas Banjar (Kalimantan Selatan) sedangkan sang ibu negara yang mengenakan pakaian adat khas Minang (Smatera Barat) dan keduanya tampak lengkap dengan penutup kepala masing-masing. Tidak hanya presiden, mentri, dan para tamu undangan, namun para paspampres juga terlihat mengenakan baju adat juga. Bahkan untuk lebih memeriahkan acara, Jokowi memberikan 5 buah sepeda kepada mereka yang hadir dengan kualifikasi baju adat terbaik. Kelima orang yang berkesempatan mendapatkan hadiah dari beliau adalah Menteri Hukum dan HAM Yasona Laoly, Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang, Syarif salah satu pegawai kepresidenan, Tri Suswati, istri Kapolri Jenderal Tito Karnavian, dan Ibu Agati, salah satu pegawai Istana Kepresidenan

Beberapa pemimpin Indonesia di era sebelumnya juga terlihat hadir dan kompak dengan baju daerah. Terlihat duduk tidak jauh dari Jokowi ada Bapak Bacharuddin Jusuf Habibie yang juga bersebelahan dengan Ibu Megawati Soekarnoputri, lalu di sisi yang lain terlihat pula Bapak Susilo Bambang Yudhoyono beserta sang istri. Dikutip dari KOMPAS, ini adalah kali pertama SBY menghadiri upacara kemerdekaan di Istana setelah lengser sebagai Presiden keenam RI. Pada HUT RI tahun 2015 dan 2016 lalu, SBY lebih memilih merayakan kemerdekaan di kampung halamannya di Pacitan, Jawa Timur.  Sementara, Megawati juga tidak pernah hadir di Istana selama sepuluh tahun saat SBY menjabat. Namun, begitu SBY lengser dan digantikan Jokowi, Megawati tak pernah absen merayakan hari kemerdekaan di Istana. 

 

Photo by www.imahkudesain.blogspot.co.id


Share This :

Kami siap untuk membantu Anda

Perluas jangkauan penjualan tiket event Anda tanpa terbatas waktu dan tempat.

Pelajari selengkapnya

We accept payment from

Payment method


Loketics.Com!

Komplek Colombo No. 56 Catur Tunggal Depok Sleman
Yogyakarta Indonesia
55281
Customer Service : +62 822 2739 4141
Marketing : +62 812 383 1301
info@loketics.com

Sell your ticket with us

Fill this form for partnership event.


Logo

Loketics.Com! © 2013 - 2017

Facebook Twitter Youtube Instagram


© 2017 Loketics.Com!